Enter your keyword

PROGRAM PENGUATAN PEMBELAJARAN

PROGRAM PENGUATAN PEMBELAJARAN

PROGRAM PENGUATAN PEMBELAJARAN

dosen asing Dalam rangka peningkatan dan pengembangan institusi di berbagai aspek, Institut Teknologi Bandung (ITB) telah menyusun Rencana Strategi (RENSTRA) yang akan diimplementasikan pada periode tahun 2016 – 2020. RENSTRA tersebut disusun untuk membawa ITB menjadi perguruan tinggi yang terkemuka, berkualitas, dan secara koheren dapat mewujudkan cita cita ITB menuju world class entrepreneurial university. Adapun salah satu bagian dari RENSTRA tersebut adalah program internasionalisasi, dimana dalam pelaksanaanya, ITB membuka layanan pendidikan untuk mahasiswa asing/internasional. Dengan dibukanya kelas internasional di beberapa program studi maka wawasan dan pengembangan inovasi IPTEK di ITB akan tercipta dan pada akhirnya akan meningkatkan reputasi ITB di dunia. Untuk mendukung program internasionalisasi ITB tersebut maka diusulkanlah program untuk penguatan pembelajaran sains dasar terutama untuk mata kuliah Matematika, Fisika Dasar, dan Kimia Dasar di kelas-kelas internasional. sebagai salah satu upaya untuk mendukung program internasionalisasi dan peningkatan ITB dalam meraih peringkat tinggi di dunia. Dengan adanya program ini, diharapkan atmosfer pendidikan dan penelitian di ITB dapat tercipta dan semakin meningkat. Nara sumber akan memberikan kontribusi dengan memberikan wawasan yang baru kepada sivitas akademik ITB. Harapan nyata dan keterukuran hasil dari kegiatan ini adalah kualitas pembelajaran yang lebih baik serta jumlah materi pembelajaran sains dasar dalam bahasa Inggris.

TUJUAN KEGIATAN
  1. Membangun atmosfer akademik internasional melalui program penguatan pembelajaran sains dasar dan memperkuat jejaring internasional.
  2. Meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian sehingga dapat meningkatkan jumlah materi pembelajaran sains dasar dalam bahasa Inggris dan secara tidak langsung jumlah publikasi internasional terindeks scopus.
MEKANISME DAN RANCANGAN KEGIATAN
  1. Dekan FMIPA menugaskan ketua program studi terkait perkuliahan sains dasar untuk menjalankan program penguatan pembelajaran kelas internasional.
  2. Dekan FMIPA bersama ketua progam studi menjaring kandidat nara sumber yang akan mengikuti program ini.
  3. Mengadakan workshop pembelajaran sains dasar untuk kelas internasional
  4. Mengembangkan dan menguji coba materi pembelajaran sains dasar di kelas-kelas internasional
  5. Melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan program penguatan pembelajaran sains dasar
KRITERIA
Host Host adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB yang akan melayani dan memberikan penugasan khusus kepada narasumber dan dosen pengampu mata kuliah sains dasar melalui Kaprodi terkait.
Narasumber Narasumber adalah dosen yang terdaftar aktif sebagai anggota staf fakultas di universitas tempat narasumber tersebut bekerja, diutamakan berkewarganegaraan asing. Memiliki komitmen untuk melaksanakan tugas yang diberikan oleh host yakni memberikan kuliah di kelas internasional dan kegiatan lainnya yang dapat mendukung peningkatan kualitas dan prestasi ITB di skala internasional.
Amount of grant Insentif program penguatan pembelajaran sains dasar di kelas internasional diberikan untuk mata kuliah Fisika Dasar, Kimia Dasar dan Matematika masing-masing sebesar Rp. 130.000.000,-
Selection process
  1. Seleksi kandidat nara sumber dilakukan FMIPA
  2. Kelengkapan dokumen yang harus disertakan saat menentukan narasumber adalah sebagai berikut: (a)Pengalaman mengajar yang tertulis dalam Curriculum vitae; (b) Ijazah terakhir; (c) Fotokopi paspor yang masih berlaku jika narasumber berkewarganegaraan asing
LUARAN KEGIATAN
  1. Materi pembelajaran sains dasar untuk kelas internasional
  2. Terjalinnya kerjasama atau kolaborasi dengan institusi luar
TANGGAL PENTING
Sosialisasi program dosen asing kepada Dekan F/S : April 2016
Pengusulan calon Dosen oleh F/S : Mei 2016
Pengumuman penetapan dosen asing : Juni 2016
Pengurusan administrasi perijinan dosen asing : Juni – Juli 2016
Pelaksanaan kegiatan dosen asing : Sept – Dec 2016

Dokumen dikirimkan ke :

Sekretariat WCU-ITB
(Ms. Ema Rimawati)
Ged. Basic Science Center A (BSCA) lt.1
Jln. Ganesha No. 10 Bandung

Softcopy dikirimkan melalui email ke : emarimawati@cphys.fi.itb.ac.id

Download Dokumen Dosen Asing :
Term of Reference

One Comment

  1. Anonymous
    Apr 12, 2016