Enter your keyword

Tim Pemeringkatan Universitas – ITB

Tiap tahun, lembaga pemeringkat universitas dunia QS (Quacquarelli Symonds) menggunakan enam indikator utama dalam menentukan peringkat suatu universitas. Indikator-indikator tersebut secara obyektif merepresentasikan reputasi universitas. Merujuk pada data QS, ITB menduduki posisi terdepan di Indonesia, khususnya dalam bidang ilmu rekayasa, teknologi informasi, ilmu alam dan ilmu hayati. Namun demikian, dibandingkan dengan universitas-universitas terkemuka di dunia dan Asia secara umum, serta dengan beberapa perguruan tinggi di Asia Tenggara, ITB masih harus mengejar ketertinggalannya untuk menuju world class university.

6 indikator QS World University Ranking (QS-WUR) dalam pemeringkatan universitas, yaitu:

  1. Academic reputation, based on a global survey of academics (40%)
  2. Employer reputation, based on a global survey of graduate employers (10%)
  3. Faculty/student ratio, an indication of a commitment to teaching (20%)
  4. Citations per faculty, an indication of research impact (20%)
  5. International student ratio, measuring international diversity of the student community (5%)
  6. International staff ratio, measuring international diversity of the academic faculty (5%)

Pengumpulan data yang di perlukan menjadi salah satu usaha untuk meningkatkan peringkat ITBĀ  pada QS World University Ranking.

Pada tahun 2019, kegiatan akan difokuskan pada kegiatan akademik dan penelitian yang dapat meningkatkan jumlah dosen dan mahasiswa asing akan diselenggarakan melalui kolaborasi pendidikan dan penelitian, seperti double/joint degree, kelas internasional, postdoc dan lain lain.

Tujuan dari kegiatan-kegiatan tersebut di atas adalah:

  1. Meningkatkan peringkat Institut Teknologi Bandung dalam peringkat QS-WUR secara bertahap, sistematik dan terstruktur;
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi ITB yang terukur dalam jurnal bereputasi;
  3. Menguatkan kemampuan riset serta jejaring penelitian secara internasional dalam bidang yang bersifat interdisipliner dan dapat bersaing di tingkat global serta dapat membantu menyelesaikan permasalahan bangsa;
  4. Menguatkan kedudukan ITB dalam riset dan pendidikan berskala global melalui mekanisme ke-scholar-an dalam bidang penelitian dan pendidikan;
  5. Meningkatkan jumlah dosen dan mahasiswa asing.